“Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia. Selama 37 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama 37 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia. Semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita harus terus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. Semangat berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama juga merupakan sebuah keharusan. Kita harus berbagi dengan memperkuat etos kepedulian, welas asih, dan saling menghargai dengan penuh empati. Bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi”, demikian beberapa alinea Sambutan Presiden RI, Joko Widodo dalam rangka Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2018. Sambutan tersebut dibacakan dengan seksama oleh Pj. Bupati Bojonegoro Dr. Suprianto, SH, MH. saat bertindak sebagai inspektur upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang ke-73 di alun-alun kota Bojonegoro, Jum’at 1 Juni 2018 yang dimulai tepat jam 08.00 WIB.

Upacara tersebut diikuti oleh Kapolres Bojonegoro, Komandan Kodim 0813 Bojonegoro, Pimpinan dan Anggota DPRD Bojonegoro, Kajari Bojonegoro, Kepala Pengadilan Negeri Bojonegoro, perwakilan EMCL, para Kepala SKPD, jajaran ASN Pemkab, Hansip, Perbankan, Damkar, mahasiswa, dan para siswa setingkat SD/SMP/SMA/SMK. Upacara berlangsung khidmat mulai dari laporan komandan upacara, pengibaran bendera sang Saka Merah Putih diiringi lagu Indonesia Raya oleh Paduan Suara Pemkab Bojonegoro, pembacaan Pancasila yang diikuti semua peserta, pembacaan UUD 1945, pembacaan sambutan Presiden RI, sampai pembacaan doa oleh Muh. Abdullah Hafidz dari Kemenag Bojonegoro.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Pj. Bupati Bojonegoro Dr. Suprianto, SH, MH. tersebut ada hal yang selalu menjadi penekanan bahwa Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Presiden Joko Widodo juga mengajak seluruh rakya Indonesia untuk terus mengamalkan warisan mulia para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia.

Presiden RI, Joko Widodo juga mengajak para ulama dan tokoh agama, pada guru dan ustadz, para politisi, dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian hidup. “Semangat bersatu, berbagi, dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya”, pungkas Presiden RI dalam sambutannya.

Demi mendukung suksesnya pelaksanaan upacara, malam Jum’at (31 Mei 2018 malam) sekitar jam 20.30 WIB tim dari Dinas Komunikasi dan Informatika telah selesai memasang banner di tribun dan di alun-alun  Bojonegoro. Banner besar peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, di alun-alun Bojonegoro yang mengusung tema ajakan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk Bersatu, Berbagi dan Berprestasi itu nampak menjadi daya tarik peserta untuk berfoto usai mengikuti upacara. (Nuty/Dinkominfo)


By Admin
Dibuat tanggal 03-06-2018
264 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
79 %
Puas
7 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %