Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Dinas Komunikasi dan Informatika Bojonegoro © 2014
Bidang Pengelolaan Informasi dan Aspirasi Publik

Struktur Organisasi Bidang Pengelolaan Informasi dan Aspirasi Publik

 

 

Tupoksi Bidang Pengelolaan Informasi Dan Aspirasi Publik

Pasal 14

(1)  Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Dan Aspirasi Publik, mempunyai tugas melaksanakan persiapan bahan rumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik di lingkup pemerintah daerah, pengelolaan informasi publik untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah dan pelayanan informasi publik di Kabupaten.

(2)  Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Dan Aspirasi Publik, mempunyai fungsi:

pelaksanaan persiapan bahan rumusan kebijakan di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik di lingkup pemerintah daerah, pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah, serta pelayanan informasi publik di kabupaten;
pelaksanaan persiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik di lingkup pemerintah daerah, pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah, serta pelayanan informasi publik di kabupaten;
pelaksanaan persiapan bahan penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria penyelenggaraan di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik di lingkup pemerintah daerah, pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah, serta pelayanan informasi publik di kabupaten;
pelaksanaan persiapan bahan pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik di lingkup pemerintah daerah, pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah, serta pelayanan informasi publik di kabupaten;
pelaksanaan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik di lingkup pemerintah daerah, pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah, serta pelayanan informasi publik di kabupaten;
pelaksanaan fungsi-fungsi lain yang diberikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika sesuai dengan bidang tugasnya.
 

Pasal 15

(1)  Kepala Seksi Pelayanan Informasi Publik, mempunyai tugas menyusun bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan terkait fungsi pelayanan informasi publik di Kabupaten.

(2)  Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Seksi Pelayanan Informasi Publik mempunyai fungsi:

melaksanakan penyusunan analisa data informasi kebijakan sebagai implementasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik;
menyusun rencana pengumpulan dan pengolahan informasi publik;
menyusun analisa pendokumentasian dan pengklasifikasian informasi publik;
melaksanakan pelayanan informasi publik sebagai implementasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik;
melaksanakan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Dan Aspirasi Publik sesuai dengan bidang tugasnya.
 

Pasal 16

(1)   Kepala Seksi Pengelolaan Opini Dan Aspirasi Publik, mempunyai tugas menyusun bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan terkait fungsi Pengelolaan opini dan aspirasi publik di lingkup Pemerintah daerah di Kabupaten.

(2)   Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Seksi Pengelolaan Opini Dan Aspirasi Publik mempunyai fungsi:

melakukan analisa hasil monitoring isu publik di media (media massa dan media sosial);
melakukan analisa hasil pengumpulan pendapat umum (survey, jajak pendapat);
menyusun hasil pengolahan aduan masyarakat;
melaksanakan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Dan Aspirasi Publik sesuai dengan bidang tugasnya.
 

Pasal 17

(1)   Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik, mempunyai tugas menyusun penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan terkait fungsi pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah di Kabupaten.

(2)   Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik mempunyai fungsi:

melakukan penyelenggaraan layanan pemantauan tema komunikasi publik lintas sektoral lingkup nasional dan pemerintah daerah;
menyusun konsep pengolahan informasi/kebijakan Nasional dan Daerah berdasarkan prioritas tema kampanye;
menyelenggarakan layanan informasi secara langsung (interpersonal communication) dan melalui dialog publik, seminar, lokakarya, sarasehan dan temu wicara;
melakukan pengolahan dan analisis data informasi untuk mendukung komunikasi publik lintas sektoral lingkup nasional dan daerah di Kabupaten;
melaksanakan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Dan Aspirasi Publik sesuai dengan bidang tugasnya.