Kegiatan rutin Pemerintah Kabupaten Bojonegoro Sambang Desa kembali dilakukan guna mendekatkan warga masyarakat dengan pemerintah dan perangkatnya. Seperti yang hari ini dilakukan di Desa Duyungan, Kecamatan Sukosewu yang membahas pengembangan Infrastruktur Pengairan dan Program Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) bersama pemangku kepentingan dan Kelompok Tani se wilayah kecamatan setempat, Sabtu (24/10/2020).

Helmy Elysabeth selaku Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengaku selalu bergandengan tangan dengan PU SDA dalam ketersediaan air pertanian.

“Soal infrastruktur pertanian kita selalu bersama Pak Tejo dilapangan, apalagi BBWS Bengawan Solo sudah melakukan penandatanganan Rencana Tindak Darurat Waduk Gongseng yang rencananya akan beroperasi pada pertengahan tahun 2021,” terang Kadis perempuan ini

Pihaknya menyampaikan, itu karena komitmen Kabupaten Bojonegoro dalam infrastruktur yang berhubungan dengan air sangat dibutuhkan oleh petani. Helmy Elisabeth juga menyampaikan program prioritas Kabupaten yakni Program Petani Mandiri dengan Kartu Petani Mandiri diharapkan akan tuntas pada tahun 2022. Sejak 2019 di Kecamatan Sukosewu telah terealisasi hibah kepada 9 kelompok tani dengan nominal sekitar 700 jutaan. Sementara tahun 2020 telah dimanfaatkan oleh 10 kelompok dengan nilai sekitar 1,4 Miliar.

“Ketua Kelompok bisa segera mengidentifikasi persyaratan Kartu Petani Mandiri, sehingga bisa digunakan untuk akses kebutuhan petani yang lain,” harap Helmy Elisabeth.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menyampaikan bahwa semua infrastruktur akan segera dituntaskan.

“Bojonegoro yang kondusif akan bersama-sama kita jaga, sehingga pembangunan berjalan lancar,” harap Bupati.

Anna Mu’awanah berharap kedepan semua desa sudah punya HIPPA, HIPPAM. Pihaknya berjanji tahun depan infrastruktur utamanya jalan akan segera tuntas, Bantuan Keuangan Desa akan digelontorkan hingga 460 miliar hingga pembangunan saluran irigasi sekunder dan tersier untuk mendukung sektor pertanian seiring dengan akan beroperasinya Waduk Gongseng.

 


By Admin
Dibuat tanggal 25-10-2020
520 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
79 %
Puas
7 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %