Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bojonegoro berkolaborasi dengan Mitra Profesi RTIK dan beberapa mahasiswa AKN Bojonegoro adakan pembahasan terkait rencana kegiatan Dialog Pemuda tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi, Senin 6 Maret 2017 di ruang Kabid PKP Dinas Kominfo. Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP) Djoko Suharmanto dalam pengantarnya menyampaikan bahwa keakraban Dinas Kominfo dengan mitra profesi RTIK Kabupaten Bojonegoro sudah sampai ke tingkat nasional sampai pemerintah desa. Djoko Suharmanto juga menyampaikan bahwa semua mahasiswa punya kewajiban pengabdian kepada masyarakat dalam menerapkan ilmunya, yang sampai sekarang pun hal tersebut masih digaris bawahi dengan tebal, harapannya Dinas Kominfo dapat erat dengan mahasiswa sampai tingkat nasional. Ditegaskan pula bahwa dalam Open Government Partnership (OGP) prinsipnya adalah kolaborasi dengan 4 sekawan yang meliputi Akademisi, Bisnisman, Pemerintah dan Komunitas.

       Djoko Suharmanto menjelaskan bahwa dalam rangka menindaklanjuti rencana kegiatan Dialog Pemuda tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi akan dibuat skenario, jadwal dan nota dinas kepada Bupati Bojonegoro utamanya mengenai apa yang dikehendaki oleh RTIK terkait peran Bupati Bojonegoro dalam kegiatan tersebut. Kedua, tentang tugas dan tanggung jawab Dinas Kominfo dan RTIK dalam dialog itu. Sebagaimana tertulis dalam proposal kegiatan, terdapat beberapa agenda diantaranya penguatan sosialisasi melalui film tentang pemanfaatan IT yang baik, internet sehat dalam bentuk film dokumenter tentang literasi digital meliputi  peran IT Desa dan media sosial. Djoko Suharmanto meminta agar nantinya  dalam film dokumenter tersebut ditambahkan tentang gambaran web desa yang bagus mulai proses pendaftaran domain, persyaratan-persyaratannya, penyediaan/sewa hosting melalui pemerintah atau swasta, desain web desa serta pembiayaannya.

       Ketua RTIK Bojonegoro Rifaun Naim selanjutnya menyampaikan untuk rangkaian acara Dialog Pemuda tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi tersebut akan dimulai dengan sambutan Kepala Desa dan wakil dari Pemkab Bojonegoro, setelah itu langsung pada sesi diskusi terkait problem solving, diskusi tematik antara OPD Pemkab terkait dengan pemuda dan RTIK. Pada diskusi tematik tersebut akan diselingi pembagian door prize. Pelaksanaan kegiatan direncanakan pada hari sabtu malam minggu pada bulan maret 2017 ini, dengan harapan untuk mengarahkan para pemuda untuk hal-hal positif pada malam minggu. Selain itu peran aktif mahasiswa AKN juga diharapkan pada kegiatan tersebut. Beberapa persiapan peralatan terkait ketersediaan listrik, akses internet, LCD proyektor, layar dan lain-lain juga disiapkan oleh Pemerintah Desa bersama RTIK dan Dinas Kominfo. Kegiatan yang akan dilaksanakan beberapa putaran tersebut direncanakan untuk putaran pertama kegiatan akan dimulai di Desa Kandangan Kecamatan Trucuk. (Nuty/Dinkominfo)


By Admin
Dibuat tanggal 07-03-2017
454 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
79 %
Puas
7 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %