Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Dinas Komunikasi dan Informatika Bojonegoro © 2014
Gubernur Jatim Vicon Penyerahan BLT DD & Sembako oleh Bupati & Forpimda Bojonegoro

Ibu Bupati Bojonegoro Dr. Hj. Anna Mu’awanah bersama jajaran Forkopimda (Kajari, Kapolres, Dandim 0813 Bojonegoro) menghadiri Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) dan penyerahan Paket Sembako dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) secara simbolis kepada 5 KPM (Keluarga Penerima Manfaat), Senin (18/05/2020), bertempat di Desa Sumberagung Kecamatan Kepohbaru.

Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Sumberagung Kecamatan Kepohbaru tersebut juga dihadiri langsung kepala OPD Bojonegoro terkait, Camat, Kepala KPPN, Pimpinan Bank Jatim, beberapa Kepala Desa, beberapa KPM, serta  diikuti melalui video conference (vicon) oleh Gubernur Jatim, Hj. Khofifah Indar Parawansa dari Gedung Negara Grahadi Surabaya didampingi Kepala OPD terkait dan tamu undangan lainnya.

Selain di Bojonegoro, dalam rangkaian kegiatan vicon ini juga dilaksanakan Penyaluran BLT DD dan paket sembako oleh Bupati Situbondo, H. Dadang Wigiarto SH, bertempat di Desa Trebungan Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo.

Ibu Bupati Hj. Anna Mu’awanah dalam sambutannya menyampaikan, dalam rangka memberikan kepastian hukum dan kemudahan pelaksanaan aturan-aturan penyaluran DD, telah diterbitkan Instruksi Bupati Bojonegoro Nomor 5 tahun 2020 tentang Penganggaran APBDesa bagi Percepatan Penanggulangan Covid-19 dan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa.

Beliau menjelaskan bahwa Instruksi Bupati tersebut merupakan pedoman yang merangkum substansi inti dari penyaluran DD mulai dari perencanaan, penetapan, penerimaan, penyaluran, dan pelaporan. Melalui instruksi tersebut diharapkan mampu memberikan penyamaan presepsi dan keselarasan pemahaman dalam penyaluran BLT DD di tingkat kecamatan. Dan juga desa dapat mengingat bahwa realisasi penyaluran BLT DD adalah merupakan salah satu syarat penyaluran DD tahap III.

Ibu Bupati juga menyampaikan bahwa progres penyaluran BLT DD di Kabupaten Bojonegoro dengan mekanisme penyaluran non tunai melalui rekening virtual account yang telah dimulai per tanggal 5 Mei 2020. “Dimana sampai dengan penyaluran tanggal 15 Mei 2020 maka dari 419 desa di 28 kecamatan, alhamdulillah per hari ini sudah tuntas 100 persen. Ini semata-mata berkat pengarahan Ibu Gubernur dan juga kerjasama dengan pendamping, dan juga Forkopimda”, ungkap Ibu Anna Mu’awanah.

Sementara itu Ibu Gubernur Jatim Hj. Khofifah Indar Parawansa, dalam sambutan arahannya menyampaikan bahwa Presiden RI secara kontinyu memang melakukan monitoring. Bansos (bantuan sosial) dari BLT DD diharapkan bisa tuntas sebelum Idul Fitri. “Begitu juga untuk BST (Bantuan Sosial Tunai) dari Kementerian Sosial diharapkan tuntas sebelum Idul Fitri. Saat ini tahap 1, berarti tahap 2 di bulan Juni, dan tahap 3 di bulan Juli. Maturnuwun untuk Ibu Bupati Bojonegoro dan seluruh tim termasuk para kepala desa di Bojonegoro karena telah tuntas 100 persen”, kata Ibu Gubernur.

Ibu Gubernur juga mengungkapkan bahwa semua pihak berharap agar Covid-19 dapat segera berhenti penyebarannya. Hari ini vaksinnya belum keluar/ditemukan. Beliau berpesan kepada para kepala desa untuk menyampaikan kepada seluruh warganya bahwa sekarang ini harus sudah mulai disosialisasikan norma baru dalam tata kehidupan kita. Norma baru itu misalnya kalau ada orang flu maka langsung pakai masker karena flu ini penularan juga cepat. Maka yang disebut tata kehidupan baru atau norma hidup baru adalah meskipun angka kasus Covid-19 sudah turun, maka tetap memakai masker, menjaga jarak aman." pesan Ibu Gubernur.

Dalam kesempatan itu Safak, perwakilan KPM dari Kabupaten Bojonegoro mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak atas diberikannya BLT DD 600 ribu rupiah dan Sembako. "Uangnya akan dipakai usaha dagang ketela, pisang. Semoga manfaat, bisa untuk membeli beras untuk makan", ungkapnya. (Nuty/Dinkominfo)


By Admin | 19-05-2020 | 35