Dinas Komunikasi dan Informatika bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bojonegoro bersinergi melaksanakan Bimbingan Teknis Penguatan SDM dan pendampingan pengelolaan pemanfaatan Aplikasi Disperindag online (Informasi harga dan Promosi Produk IKM) pada hari selasa s.d. kamis, tanggal 24 – 26 Maret 2015, bertempat di gedung BLC (Broadband Learning Center) Telkom Bojonegoro, Jl. Diponegoro No. 75 Bojonegoro (Depan LP Bojonegoro). Aplikasi Informasi harga diakses melalui alamat disperindag-online.bojonegorokab.go.id sedangkan Aplikasi promosi produk diakses melalui alamat infoproduk.bojonegorokab.go.id.

      Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika menyampaikan kepada para peserta pelatihan agar benar-benar memanfaatkan fasilitas promosi produk online melalui aplikasi gratis yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro ini serta memotivasi para peserta untuk selalu mengembangkan kemampuan dalam bidang IT. Selanjutnya disampaikan oleh Kepala Bidang PTI Dinas Komunikasi dan Informatika, agar semua peserta juga ikut menginformasikan kepada sesama rekan pelaku IKM agar ikut memanfaatkan aplikasi gratis ini. Selanjutnya disampaikan kepada para pelaku IKM di Kabupaten Bojonegoro bahwa mereka dapat memanfaatkan sarana pembelajaran IT yang ada di BLC Telkom Bojonegoro, BLC Telkom di Desa Duwel Kecamatan Kedungadem, BLC Telkom di Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu, BLC Telkom di Desa Napis Kecamatan Tambakrejo. Selain itu Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Komunikasi dan Informatika juga menyediakan sarana pelatihan IT yaitu Media Center yang bertempat di Komplek Radio Malowopati Bojonegoro

       Pelatihan aplikasi disperindag online ini rata-rata perhari dihadiri 50 peserta dimana masing-masing pelaku usaha IKM  membawa file foto dan foto produk IKM yang dikelola sesuai dengan jenis produknya, bahkan sebagian membawa langsung contoh produk untuk difoto dan diunggah ke website infoproduk.bojonegorokab.go.id. Antusiasme para peserta cukup tinggi dimana setelah pelatihan sebagian besar mengajukan permintaan untuk pelatihan lanjutan. Seperti disampaikan oleh pelaku usaha kerajinan kayu dari Kasiman, bahwa mereka mengharapkan agar dari Dinas Komunikasi dan Informatika dapat melaksanakan pelatihan langsung di sentra industri kerajinan di Kasiman.

       Fungsi Aplikasi disperindag online sebagai layanan online informasi harga terutama harga kebutuhan pokok dapat diakses melalui alamat disperindag-online.bojonegorokab.go.id, dimana harga kebutuhan pokok dari 28 Pasar Desa di 28 Kecamatan di Bojonegoro secara periodik diupdate oleh masing-masing operator kecamatan. Penguatan SDM operator kecamatan untuk informasi harga juga telah dilaksanakan secara terpisah pada tanggal 26 Maret 2015 jam 13.00 s.d. selesai di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro. Pada kesempatan tersebut pejabat dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bojonegoro meyampaikan bahwa melalui aplikasi ini, instansi vertikal seperti Kodim dan Polres memantau fluktuasi kenaikan harga kebutuhan pokok di masing-masing pasar Desa di 28 Kecamatan secara periodik, bahkan Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati juga ikut memantau. Bagi Kodim dan Polres aplikasi ini akan ikut membantu dalam pencegahan gejolak sosial akibat fluktuasi harga yang mungkin terlalu extrim yang disebabkan oleh permainan harga dan stok yang tidak sehat. Hal ini pun juga dapat dijadikan salah satu indikator bagi Instansi terkait untuk melaksanakan kegiatan Operasi Pasar (Nuty/Dinkominfo)


By Admin
Dibuat tanggal 01-04-2015
868 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
79 %
Puas
7 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %