Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro didukung oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bojonegoro serta bekerja sama dengan Telkom Bojonegoro, dalam rangka mengoptimalkan pemanfataan Aplikasi Koperasi UKM Online yang dibangun oleh Dinas Komunikasi dan Informatika pada Tahun Anggaran 2014 melaksanakan penguatan SDM bagi administrator Dinas Koperasi dan UKM, pelaku UKM, serta pengelola koperasi aktif. Kegiatan bimbingan teknis ini dilaksanakan pada hari selasa - kamis tanggal 31 Maret s.d. 2 April 2015 yang bertempat di gedung BLC (Broadband Learning Center) Telkom Bojonegoro Jl. Diponegoro No. 75 (Depan LP Bojonegoro). Penjadwalan bimtek ini seperti Bimbingan Teknis Disperindag Online yang telah dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Maret 2015 yang, dimana per hari terdapat 2 gelombang, gelombang I jam 08.00 - 12.00 WIB dan gelombang II jam 12.00 – 15.00 WIB dengan jumlah peserta 25 – 40 per gelombang. Antusiame peserta luar biasa terutama pada hari pertama.

       Aplikasi UKM- Koperasi Online adalah sistem informasi yang menekankan pada pengolahan dan pengelolaan data dan informasi UKM dan Koperasi,  menyediakan layanan, baik administratif maupun teknis yang mendukung fungsi dari organisasi pengelolanya. Sistem ini akan membantu Pemerintah Daerah dalam memantau dan mengevaluasi kegiatan Koperasi dan UKM serta memberikan pembinaan untuk peningkatan SDM, bantuan modal dan peningkatan usaha. Juga mempermudah pelaksanaan program kemitraan antara sektor real, regulator dan lembaga keuangan.

Beberapa dari sekian fasilitas aplikasi koperasi dan UKM ini adalah :

  1. Fasilitas pencarian informasi tentang Koperasi dan UKM kepada organisasi pengelola/ instansi terkait untuk kemudahan koordinasi, pembinaan dan pengawasan.
  2. Fasilitas untuk pendaftaran Koperasi secara online yang akan menginformasikan identitas dan produk Koperasi dari UKM di web UKM Online.
  3. Fasilitas proses persetujuan pendaftaran UKM/Koperasi yang akan mengisi data identitas dan produknya.
  4. Fasilitas simulasi kredit.

       Bimbingan teknis optimalisasi pemanfaatan Koperasi dan UKM Online ini mengundang + 50 pengelola Koperasi aktif dan + 70 pelaku UKM di Bojonegoro. Aplikasi ini dapat diakses melalui alamat koperasiukm-online.bojonegorokab.go.id. Penekanan bimbingan teknis ini pada pengelola koperasi aktif agar segera mengupdate data-data mereka (bagi koperasi yang telah mendaftar melalui Bimtek aplikasi ini akhir tahun 2014) dan bagi pengelola koperasi aktif yang baru mendaftar pada pelatihan saat ini segera mengunggah data mereka dan segera melengkapi jika saat pelatihan data yang dibawa masih kurang.

       Dengan bertemunya pengelola koperasi aktif dan pelaku UKM melalui bimbingan teknis aplikasi ini diharapkan pelaku UKM dapat mendaftarkan produknya di koperasi, dan koperasi dapat membantu pemasaran produk UKM yang dinaunginya baik secara display langsung maupun secara online melalui aplikasi koperasi UKM Online ini (Nuty/Dinkominfo).


By Admin
Dibuat tanggal 01-04-2015
1027 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
79 %
Puas
7 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %