Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dalam rangka sinergi kegiatan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bojonegoro menyelenggarakan Lepas Sambut Komandan Kodim 0813 Bojonegoro dari Letkol Inf Bambang Hariyanto digantikan oleh Letkol Arm Arif Yudho Purwanto, serta Kapolres Bojonegoro dari AKBP EG Pandia, SIK, MM, MH digantikan oleh AKBP Muhammad, SH, SIK, M.Si. Acara digelar di Pendopo Malowopati Pemkab, Rabu (12/01/2022) dan dihadiri Ibu Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah beserta Suami, jajaran Forkopimda, Sekda, Staf Ahli Pemkab, Asisten Sekda, beberapa Kepala OPD, tokoh masyarakat serta kalangan media, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Letkol Inf Bambang Hariyanto menyampaikan pesan dan kesannya, bahwa selama 2 tahun 4 bulan menjabat Dandim 0813 mengapresiasi Bupati Bojonegoro atas sinergitas selama ini dengan Kodim 0813. Letkol Inf Bambang mengapresiasi bahwa Ibu Bupati Bojonegoro luar biasa, terjun langsung di lapangan dengan tetap selalu waspada pandemi Covid-19. Dirinya mendapat pengalaman luar biasa di Sekar, jalan yang sudah bagus dan berkelok-kelok. Alhamdulilah dengan program Pemkab berbasis desa, terutama dalam mengatasi permasalahan masyarakat wilayah selatan sangat diapresiasi masyarakat, mereka senang sekali.

Letkol Inf Bambang juga berpesan kepada Dandim baru Letkol Arm Arif yang asli Bojonegoro agar tetap bersinergi dengan Pemkab dan Polres terkait perbantuan kepada Pemda dalam pemberdayaan wilayah. Dia berpesan kepada Dandim baru agar tetap memegang jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara yang berasal dari rakyat, tentara pejuang dengan nilai juang tinggi, jangan goyah untuk kepentingan rakyat. TNI melaksanakan tugas tidak memandang ras, suku, golongan sehingga bisa berdiri di tengah seluruh masyarakat demi kepentingan masyarakat sebagai tentara profesional

"Pegang Sapta Marga, sumpah prajurit. TNI pasti dicintai rakyat, tidak sekali-sekali menyakiti rakyat. Harus betul-betul melaksanakan tugas pemberdayaan wilayah untuk dijadikan kekuatan kemanunggalan TNI dan rakyat," tandasnya.

"Jika selama menjabat ada kekurangan, kesalahan sikap tutur kata di lapangan mungkin kurang berkenan bagi rekan Forkompimda dan jajaran Pemkab, saya mohon maaf. Terima kasih atas kerjasama Pemkab selama ini. Saya berharap silahturahmi tetap terjalin meskipun saya di tempat baru," pungkasnya.

Selanjutnya Letkol Arm Arif Yudho Purwanto dalam sambutan perkenalannya menyampaikan terima kasih atas pembangunan jalan aspal di wilayah kelahirannya Desa Bubulan Kec. Bubulan, sehingga jalan menjadi nglenyer. "Kami siap bersinergi dan mengawal kebijakan Pemkab Bojonegoro. Kami ucapkan selamat jalan kepada Letkol Inf Bambang Hariyanto yang menjabat Kapuskodalops Kodam V/Brawijaya," tutupnya.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro AKBP Muhammad, SH, SIK, M.Si. dalam sambutannya menegaskan pihaknya siap bersinergi bersama Forkopimda, siap mendukung pembangunan di Bojonegoro, dan siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Dalam kesempatan sambutannya, Ibu Bupati Anna Mu'awanah menyampaikan rasa senang bisa menyambut Dandim 0813 dan Kapolres Baru. Beliau mengajak semua jajaran untuk memaksimalkan dan memperkuat tusi masing-masing. Tidak ada intervensi khusus, tetapi kita membangun kebersamaan di dalam ketata-negaraan triaspolitika, sebagai pilar negara kita yaitu lembaga legislatif, lembaga yudikatif, dan lembaga eksekutif, yanng mana itu pilihan negara kita.

"Kami yakin dari tusi-tusi trias politika tersebut adalah satu kesatuan untuk mengawal, melaksanakan, mengevaluasi, termasuk juga hal-hal kebijakan jika memang itu sangat diperlukan. Maka kami selaku pengelola anggaran dan pelaksana berharap ada sinergi, dukungan, maupun warning jika ada kemungkinan kesalahan. Kemudian, tolong kita harmonisasikan jika ada hal-hal yang belum harmonis agar kita bisa duduk bersama menemukan letak ketidakharmonisannya. Karena salah satu fungsi komunikasi adalah untuk menyelesaikan hal-hal yang menimbulkan disinformasi," tutur Beliau.

"Kepada Pak Dandim dan Pak Kapolres, jangan segan-segan jika ada hal-hal yang perlu didiskusikan dan hal-hal yang memerlukan suport kami. Ada hal-hal yang ingin dikerjakan bersama-sama dalam pembangunan di Bojonegoro jangan segan-segan untuk berkomunikasi. Tolong beri ruang kepada kami, jika ada hal-hal yang ingin kami sampaikan/utarakan. Itu semata-mata untuk mengawal pembangunan," lanjut Bupati Anna.

Masih dalam sambutan Bupati Anna, saat ini kasus Covid-19 varian Omnicron sudah masuk Indonesia, namun masyarakat diimbau tidak boleh takut dan kuatir, melainkan harus bersiap untuk menghadapi. Karena kita juga memiliki kekuatan majemuk multikultur, toleransi dan doa. "Keberhasilan pembangunan di Bojonegoro, keberhasilan menghalau pandemi Covid-19, keberhasilan kamtibmas, dan keberhasilan yang sudah kita capai mungkin tidak selancar harapan Bapak/ibu sekalian itu merupakan bagian dari mekanisme. Apa yang sudah berhasil mari kita teruskan, apa yang belum ada mari kita cari yang terbaik," pungkas Beliau.(Nuty/cs)


By Admin
Dibuat tanggal 12-01-2022
14 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
100 %
Puas
0 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
0 %