Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bojonegoro dan Dinkes Bojonegoro melalui SAPA! (SELAMAT PAGI) Malowopati FM edisi Kamis (15/12/2022) mengajak warga Bojonegoro Dukung Ibu Hamil Lebih Sehat dan Bahagia.

Dengan dipandu penyiar Lia Yunita, SAPA! ini selalu dapat diikuti melalui kanal YouTube Malowopati Radio dan interaksi langsung melalui nomor WhatsApp 08113322958.

dr. Lucky Imroah (Kabid Kesehatan Masyarakat) mengungkapkan hal yang harus dilakukan pada 1.000 hari pertama kehidupan, yaitu menjaga kesehatan dan nutrisi ibu hamil, memberikan stimulasi, memberikan nutrisi yang tepat, menjaga anak dari infeksi, dan istirahat yang cukup. Dia menjelaskan pada usia 0-18 tahun terjadi pertumbuhan dan perkembangan yang merupakan ciri khas anak. Usia 1.000 hari pertama kehidupan (0-2 tahun) merupakan fase emas sekaligus fase kritis. Disebut fase emas karena terjadi pertumbuhan dan perkembangan yang pesat terutama pada otak sekitar 80%. Selain itu, fase kritis karena jika salah dalam pengasuhan anak maka pertumbuhan otak akan terhambat. "Otak penting karena merupakan pusat dari segala aktivitas organ tubuh yang lainnya," tandasnya.

Lebih lanjut ditekankan oleh dr. Lucky bahwa Ibu hamil harus rutin periksa kehamilan minimal 6 kali selama kehamilan dan minimal 2 kali pemeriksaan oleh dokter pada trimester 1 dan 3 (2x TM1, 1x TM2, 3x TM3). Berikutnya makan gizi seimbang (1 porsi lebih banyak daripada sebelum hamil), menjaga pola hidup bersih dan sehat (hindari merokok, alkohol), melakukan aktivitas fisik dengan memperhatikan kondisi ibu dan keamanan janin, istirahat cukup (6-7 jam/hari), serta menghindari stres berlebihan. Selain 6 kali ini ada dua kali pemeriksaan yang harus dilakukan oleh dokter kandungan dengan melakukan USG.

Kabupaten Bojonegoro sekarang semuanya luar biasa Jadi nggak ada alasan untuk tidak periksa kesehatan kandungan. Puskesmas ada dimana-mana dan tidak usah bayar, cukup gunakan KTP atau kartu KIS. Saat ini dilingkungan RW juga ada layanan Posyandu secara rutin untuk itu semua bayi harus selalu diperiksa tumbuh kembangnya secara rutin. Di posyandu tersebut masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali, bahkan bayi yang periksapun mendapat nutrisi tambahan secara gratis berupa roti ataupun susu.[nes/NN]


By Admin
Dibuat tanggal 16-12-2022
246 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
79 %
Puas
7 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %