Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bojonegoro, Siswoyo menegaskan perlunya terus mengikuti tren terbaru, terutama terkait perkembangan Teknologi Informasi (TI). Hal ini disampaikan Siswoyo saat memimpin apel karyawan karyawati lingkup Pemkab Bojonegoro, Rabu (10/05/2023). Apel rutin ini dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Kepala OPD dan karyawan/karyawati PNS dan Non PNS lingkup Pemkab Bojonegoro.  

Siswoyo mengatakan, Kabupaten Bojonegoro sudah menjadi salah satu daerah yang menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Selain itu, Kadin Kominfo juga menegaskan perlunya bijak ber-media sosial.

Perkembangan dunia TI yang sangat cepat membutuhkan orang yang tak takut mencoba hal baru di lingkungan kerja. Oleh karena itu, Siswoyo berpesan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun non ASNm, harus terus belajar dan meng-upgrade pengetahuan terkait perkembangan teknologi. Cobalah untuk mengadopsi teknologi baru dan mencari tahu bagaimana teknologi tersebut dapat membantu pekerjaan.

“Digitalisasi berbasis SPBE menjadi pilar bagi program Reformasi Birokrasi Tematik yang berdampak luas bagi masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, Kadin Kominfo Siswoyo juga menjelaskan bahwa sesuai tupoksinya, Dinas Kominfo menyampaikan publikasi dan informasi terkait program pemerintah maupun informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Informasi tersebut diantaranya melalui media online, radio maupun media sosial.

“Dengan gencarnya pengguna media sosial, maka gunakanlah media sosial dengan bijak, jangan sampai kita mudah terpengaruh oleh berita hoax yang belum tentu benar adanya,” jelasnya.

Perkembangan media sosial, lanjut Siswoyo telah memudahkan akses masyarakat untuk mendapatkan informasi. Namun hal itu juga membuka celah bagi penyebaran informasi palsu atau hoax. Sehingga cara menghindarinya sangat penting untuk dipahami.

Siswoyo juga berbagi tips bagaimana menghindari hoax. Diantaranya ketika membaca informasi di media sosial, diperlukan verifikasi sumber informasi. Pastikan informasi yang diterima berasal dari sumber yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Kemudian periksa kesesuaian informasi dengan fakta yang ada dan tidak bertentangan dengan informasi yang telah dikonfirmasi sebelumnya. Pastikan juga untuk membaca keseluruhan konten artikel atau postingan sebelum mempercayai atau membagikannya.

"Menghindari terjebak dalam informasi palsu atau hoax di media sosial adalah hal yang penting untuk dilakukan agar tidak mengambil tindakan yang salah dan merugikan diri sendiri maupun orang lain," terangnya. [Nur/NN]


By Admin
Dibuat tanggal 10-05-2023
152 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
79 %
Puas
7 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %