Ayo Masbro edisi Kamis (06/05/2021) terus secara berkelanjutan membantu menginformasikan masyarakat khususnya bidang perekonomian, memberikan dukungan bagi pelaku IKM (Industri Kecil dan Menengah). Mengingat jangkauan radio bisa mencapai area-area pelosok khususnya wilayah Bojonegoro yang belum terjangkau internet dan masih menjadi pilihan banyak warga sebagai sarana informasi gratis. Dipandu penyiar Lia Yunita, siaran ini dapat diikuti secara live youtube melalui website lppl.bojonegorokab.go.id, dan juga untuk Mitra Setia Malowopati dapat berinteraksi langsung melalui nomor WhatsApp 08113322958.
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Bojonegoro menyediakan fasilitas tempat usaha yang berada di komplek Taman Rajekwesi. Kios "REJEKI" merupakan tempat para pelaku IKM. Kios “REJEKI” Bojonegoro ruko blok B1 Taman Rajekwesi Bojonegoro bisa dipilih. Pelaku IKM tape ketan manis dibungkus daun ploso, dari Ibu Evy mengungkapkan untuk pemasarannya di tempat-tempat wisata. "Omset 25 ikat/hari kalau ada pesanan bisa 300 ikat kebanyakan di Sidoarjo, Surabaya, Nganjuk," ungkapnya.
Produk lain yang tak kalah menariknya, racikan khusus Bapak Mukti yang memproduksi Minuman Segar dari rempah-rempah kunyit, cengkih, gula aren. "Kandungan rempahnya dapat menambah imun saat pandemi. Sehari 100 botol dipasarkan di Jakarta, tinggal memasarkan dikoordinir teman-teman IKM," jelasnya. Harapannya melalui dukungan promosi ini dapat memperluas jangkauan pemasaran di Bojonegoro.
Hal yang perlu diperkuat adalah menciptakan kebersamaan masing-masing IKM, aktif membagikan informasi produk melalui media sosial (medsos). Memperkenalkan produk terlebih dahulu, masuk tempat wilayah binaan Dinas atau binaan lain. Perlu uji lisensi standart untuk memasukkan produk IKM. Jika ada permasalahan, bentuk pertanggungjawaban harus ada Sertifikat Produksi Pangan – Industri Rumah Tangga (SPP-IRT). Selain itu harus dipastikan pula sebagai reseller atau produksi sendiri, pemula atau sudah dikenal lama, dan fokus pemasaran produk lokal Bojonegoro. Harapannya IKM Bojonegoro saling sama-sama maju produktif, menjadi IKM inovatif, terus bangkit sehingga ekonomi meningkat.
Pemasaran produk-produk yang tergabung dalam Kios "REJEKI" juga dilakukan secara online dengan memanfaatkan medsos yang ada. Dengan adanya medsos tersebut sangat membantu pemasaran para pelaku IKM tersebut. Bahkan konsumen dari Kios "REJEKI" juga berasal dari selebritis nasional misalnya kurma jawa, kripik debog, minuman tradisional dan lain-lain. Diharapkan masyarakat Bojonegoro bisa mampir ke Kios "REJEKI" agar lebih mengenal produk-produk asli masyarakat Bojonegoro. (Nuty/Kominfo)
|
|
|
|
|
Sangat Puas
76 % |
Puas
10 % |
Cukup Puas
5 % |
Tidak Puas
10 % |