Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan Gathering dan Ngopi Bareng Bersama Media di Rumah Inspirasi, Jalan Dr. Sutomo, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (29/12/2021). Dalam diskusi, di era digital, jurnalisme berbasis data akan berkolaborasi dengan infografis.

Acara dihadiri oleh Ibu Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah secara daring, Kepala Dinas Kominfo Nur Sujito, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Triguno Sudjono Prio, Ketua Dewan TIK Kabupaten Bojonegoro Boedy Irhadtanto, serta 17 jurnalis dari 15 media di Bojonegoro.

Kepala Dinas Kominfo Nur Sujito menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih atas saran dan masukan yang membangun dari para jurnalis. "Kegiatan ini dalam rangka untuk meningkatkan sinergitas dan edukasi pada masyarakat terkait publikasi kebijakan. Selain itu, memberi materi jurnalisme di masa era digital," ucapnya.

Selanjutnya, Nur Sujito mengajak rekan media untuk selalu bersinergi dan apa yang diupayakan dapat bermanfaat untuk sesama.

Dalam kesempatan tersebut, melalui paparannya, Ketua Dewan TIK Boedy Irhadtanto mengatakan bahwa era digital membuat media konvensional harus berganti ke digital. Sebab, era publikasi saat ini pun telah beralih ke digital. Sehingga kolaborasi antara jurnalistik dan media pendukung digital menjadi penting.

"Strategi baru jurnalisme berbasis data ke depan yaitu infografis. Sehingga begitu orang membaca, langsung tahu mana yang menarik. Dua menit sudah cukup," tandasnya.

Totok, sapaan akrabnya mengatakan, kolaborasi antara jurnalistik dan infografis menjadi tantangan baru untuk memberi kesan pada berita yang begitu banyaknya, untuk kemudian bisa disampaikan lewat infografis secara padat. Selain itu, media online harus kreatif. Dalam pengaplikasiannya, penyampaian berita berbasis data cukup satu lembar dengan menggunakan simbol yang langsung mengena.

"Karena masyarakat saat ini kebanyakan menggunakan Instagram. Sehingga media online mengikuti. Ke depan, masyarakat tidak hanya membutuhkan berita, tapi juga edukasi. Masyarakat akan menilai dari sana untuk menjadi rujukan, media mana yang kredibel dan akurat," jelasnya. [cs/]


By Admin
Dibuat tanggal 30-12-2021
260 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
79 %
Puas
7 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %